Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Farmakologi
AKADEMI KEBIDANAN ADILA BANDAR LAMPUNG
Jl. Soekarno
Hatta (Depan Polinela) Raja Basa Bandar Lampung
Telp / Fax. 0721
784370 e-mail : akbid.adila@yahoo.com
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM
STUDI : D III KEBIDANAN ADILA
MATA
KULIAH / KODE : FARMAKOLOGI / BD 206
JUMLAH
SKS : 2
SEMESTER
: 3
DOSEN
PENGAMPU : 1. Dra.
ASNA TARIGAN, Apt, M.Kes
2. ANRIYANI RAMBE, S.Kep
3. ZENDRI JULISTIA, S.Kep, M.Kes
A.
DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata kuliah ini menguraikan tentang
farmakologi dan terapeutik dengan penekanan pada farmakodinamik,
farmakokinetik, penggolongan obat, efek samping obat, dan bahaya penggunaan/
pemberian obat kepada pasien, proses belajar memberikan pengalaman pemahaman
tentang farmakologi melalui kegiatan pembelajaran ceramah, diskusi dan
praktika.
B.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN MATA KULIAH atau CP / LERANINGOUTCOMES OF COURSE) :
a. PENGETAHUAN
Setelah
mengikuti perkuliahan ini di harapkan mahasiswa mampu :
1. Menjelaskan
konsep farmakologi, farmakodinamik dan farmakokinetik
2. Menjelaskan
obat- obatan sistem saraf pusat
3. Menjelaskan
0bat- 0batan sistem kardiovaskuler
4. Menjelaskan
obat- obatan sistem endokrin
5. Menjelaskan
obat- obatan anti perdarahan
6. Menjelaskan
0bat- obatan analgetik
7. Menjelaskan
obat- obatan anti jamur
8. Menjelaskan
0bat- obatan anemia
9. Menjelaskan
obat- obatan anastesi
10. Menjelaskan
obat – obatan anti biotika
11. Menjelaskan
obta- obatan anti diuretika
12. Menjelaskan
faktor – faktor yang mempengaruhi khasiat obat
13. Menghitung
dosis obat dan mengolah obat
14. Menjelaskan
dan membuat resep obat
b. KETERAMPILAN
Mahasiswa
mampu menghitung dosis obat dan mengolah obat serta membuat resep sesuai kebutuhan pasien
c. SIKAP
Mahasiswa
mampu bekerja sama dengan team / kelompok serta mampu berkomunikasi theraupetik.
NO
|
KEMAMPUAN
AKHIR CAPAIAN PEMBELAJARAN
|
CAPAIAN
PEMBELAJARAN PERTEMUAN
|
RINCI
KRITERIA INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN
(OPTIONAL)
|
BAHAN
/ KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
KTITERIAN
|
SUMBER
BELAJAR
|
WAKTU
|
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
(7)
|
(8)
|
(9)
|
(10)
|
1
|
Menjelaskan
konsep farmakologi
|
-Mahasiswa
mampu mengenal dan mendeteksi kontrak kuliah
-Mampu
mengetahui konsep farnakologi
|
Konsep
farmakologi
-Pengertian
farmakologi
-Ruang
lingkup farmakologi
-Macam-
macam obat
-Perundang
–undangan obat
|
Konsep
farmakologi
|
-Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
Menyimak
kontrak kuliah
-Mempelajari
materi yang di berikan secara sistematis
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
-
Menyelesaikan soal dan menjawab pertanyaan
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AR
|
1
|
2
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui konsep farmakodinamik
|
Farmakodinamik
-Pengertian
farmakodinamik
-Macam-
macam resep obat3
Proses
yg di alami obat dlm tubuh yg sakit maupun sehat
|
farmakodinamik
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AR
|
2
|
3
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui konsep farmakodinamik
|
Farmakokinetik
-pengertian
-Absorpsi
dan biovabilitas
-Distribusi
-Biotranformasi
-Eksresi
-Dosis
-Efek
obat dan efek samping
|
Farmakokinetik
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AR
|
3
|
4
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat- obatan yang mempengaruhi sistem saraf
pusat
|
0bat
– obat yang mempengaruhi sistem saraf pusat
Pengertian
-Macam-
macam obat sistem saraf pusat
-Cara
kerja/khasiat obat sistem saraf pusat
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
sistem saraf pusat
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
4
|
5
|
|
|
Sistem
kardiovaskuler
Pengertian
-Macam-
macam obat kardiovaskuler
-Cara
kerja/khasiat obat kardiovaskuler
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
sistem kardiovaskuler
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
5
|
6
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui sistem endokrin
|
Sistem
endokrin
Pengertian
-Macam-
macam obat sistem endokrin
-Cara
kerja/khasiat obat sistem endokrin
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Sistem
endokrin
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
|
6
|
7
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti perdarahan
|
Obat
anti perdarahan
-Pengertian
-Macam-
macam obat anti perdarahan
-Cara
kerja/khasiat obat anti perdarahan
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
anti perdarahan
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
7
|
8
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat analgetik
|
Obat
analgetik
Pengertian
-Macam-
macam obat analgetik
-Cara
kerja/khasiat obat anti anagetik
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
analgetik
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
8
|
9
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti jamur
|
0bat
anti jamur
-Pengertian
-Macam-
macam obat anti jamur
-Cara
kerja/khasiat obat anti jamur
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
anti jamur
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
ZJ
|
9
|
10
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat anemia
|
Obat
anemia
-Pengertian
-Macam-
macam obat anemia
-Cara
kerja/khasiat obat anemia
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
anemia
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
ZJ
|
10
|
11
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat anastesi
|
Obat
anastesi
-Pengertian
-Macam-
macam obat anastesi
-Cara
kerja/khasiat obat anastesi
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AR
|
11
|
12
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti biotika
|
Obat
anti biotika
-Pengertian
-Macam-
macam obat anti biotika
-Cara
kerja/khasiat obat anti biotika
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
anti perdarahan
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
12
|
13
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui obat diuretika
|
Obat
diuretika
-Pengertian
-Macam-
macam obat diuretika
-Cara
kerja/khasiat obat diuretika
-
Indikasi / konta indikasi
-Dosis
yang di gunakan
-Efek
samping dan cara mengatasinya
|
Obat
diuretika
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
13
|
14
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi khasiat
obat
|
Faktor-
faktor yang mempengaruhi khasiat obat
-pengaruh
umum
-Pengaruh
faktor genetik
-Reaksi
idiosinkrosi
|
Faktor
– faktor yang mempengaruhi khasiat obat
|
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
ZJ
|
14
|
15
|
|
-Mahasiswa
mampu menghitung obat
-Mampu
mengolah obat
-Mampu
memberikan obat
|
Pengolahan
obat
-Cara
pemberian obat
-Cara
penyimpanan obat
-Prosedur
pemberian obat
-Pencatatan
dan pelaporan
-Macam-macam
obat yg lazim digunakan
|
Pengolahan
obat
|
-Ceramah
-Diskusi
kelompok
-praktikum
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
15
|
16
|
|
-Mahasiswa
mampu menjelaskan dan mengetahui serta membuat resep
-Mampu
menggunakan obat yang berlebel dan tidak berlebel
|
Resep
-pengertian
resep
-unsur
resep
-Penggunaan
obat berlebel dan tidak berlebel
|
Resep
|
Ceramah
-Diskusi
kelompok
-praktikum
|
-Menyimak
materi yang di sampaikan
-Mereview
proses pembelajaran secara aktif
|
1.penyelesaian
kerja kelompok
2.kelulusan
dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan
kuis
|
AS
|
16
|
KETERANGAN
: ASNA TARIGAN : 9X
ANRIYANI RAMBE : 4X
ZENDRI JULISTIA : 3X
Komentar
Posting Komentar