Rencana Pembelajaran Semester Mata Kuliah Farmakologi



AKADEMI KEBIDANAN ADILA BANDAR LAMPUNG
Jl. Soekarno Hatta (Depan Polinela) Raja Basa Bandar Lampung
Telp / Fax. 0721 784370 e-mail : akbid.adila@yahoo.com
 


RENCANA  PEMBELAJARAN SEMESTER
PROGRAM STUDI             : D III KEBIDANAN ADILA
MATA KULIAH / KODE   : FARMAKOLOGI  / BD 206
JUMLAH SKS                      : 2
SEMESTER                          : 3
DOSEN PENGAMPU         :    1.  Dra. ASNA TARIGAN, Apt, M.Kes
    2. ANRIYANI RAMBE, S.Kep
    3. ZENDRI JULISTIA, S.Kep, M.Kes


A.    DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini menguraikan tentang farmakologi dan terapeutik dengan penekanan pada farmakodinamik, farmakokinetik, penggolongan obat, efek samping obat, dan bahaya penggunaan/ pemberian obat kepada pasien, proses belajar memberikan pengalaman pemahaman tentang farmakologi melalui kegiatan pembelajaran ceramah, diskusi dan praktika.

B.     CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH atau CP / LERANINGOUTCOMES OF COURSE) :
a.       PENGETAHUAN
Setelah mengikuti perkuliahan ini di harapkan mahasiswa mampu :
1.      Menjelaskan konsep farmakologi, farmakodinamik dan farmakokinetik
2.      Menjelaskan obat- obatan sistem saraf pusat
3.      Menjelaskan 0bat- 0batan sistem kardiovaskuler
4.      Menjelaskan obat- obatan sistem endokrin
5.      Menjelaskan obat- obatan anti perdarahan
6.      Menjelaskan 0bat- obatan analgetik
7.      Menjelaskan obat- obatan anti jamur
8.      Menjelaskan 0bat- obatan anemia
9.      Menjelaskan obat- obatan anastesi
10.  Menjelaskan obat – obatan anti biotika
11.  Menjelaskan obta- obatan anti diuretika
12.  Menjelaskan faktor – faktor yang mempengaruhi khasiat obat
13.  Menghitung dosis obat dan mengolah obat
14.  Menjelaskan dan membuat resep obat

b.      KETERAMPILAN
Mahasiswa mampu menghitung dosis obat dan mengolah obat serta   membuat resep sesuai kebutuhan pasien

c.       SIKAP
Mahasiswa mampu bekerja sama dengan team / kelompok serta mampu berkomunikasi theraupetik.



NO
KEMAMPUAN AKHIR CAPAIAN PEMBELAJARAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN PERTEMUAN
RINCI KRITERIA INDIKATOR CAPAIAN PEMBELAJARAN  (OPTIONAL)
BAHAN / KAJIAN MATERI PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN
PENGALAMAN BELAJAR
KTITERIAN
SUMBER BELAJAR
WAKTU
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
(8)
(9)
(10)
1
Menjelaskan konsep farmakologi

-Mahasiswa mampu mengenal dan mendeteksi kontrak kuliah
-Mampu mengetahui konsep farnakologi
Konsep farmakologi
-Pengertian farmakologi
-Ruang lingkup farmakologi
-Macam- macam obat
-Perundang –undangan obat  
Konsep farmakologi
-Ceramah
-Diskusi
-Kuis
Menyimak kontrak kuliah
-Mempelajari materi yang di berikan secara sistematis
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
- Menyelesaikan soal dan menjawab pertanyaan
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AR
1
2

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui konsep farmakodinamik
Farmakodinamik
-Pengertian farmakodinamik
-Macam- macam resep obat3
Proses yg di alami obat dlm tubuh yg sakit maupun sehat
farmakodinamik
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif

1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AR
2
3

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui konsep farmakodinamik
Farmakokinetik
-pengertian
-Absorpsi dan biovabilitas
-Distribusi
-Biotranformasi
-Eksresi
-Dosis
-Efek obat dan efek samping
Farmakokinetik
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AR
3
4

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat- obatan yang mempengaruhi sistem saraf pusat
0bat – obat yang mempengaruhi sistem saraf pusat
Pengertian
-Macam- macam obat sistem saraf pusat
-Cara kerja/khasiat obat sistem saraf pusat
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat sistem saraf pusat
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
4
5


Sistem kardiovaskuler
Pengertian
-Macam- macam obat kardiovaskuler
-Cara kerja/khasiat obat kardiovaskuler
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat sistem kardiovaskuler
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
5
6

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui sistem endokrin
Sistem endokrin
Pengertian
-Macam- macam obat sistem endokrin
-Cara kerja/khasiat obat sistem endokrin
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Sistem endokrin
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis

6
7

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti perdarahan
Obat anti perdarahan
-Pengertian
-Macam- macam obat anti perdarahan
-Cara kerja/khasiat obat anti perdarahan
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat anti perdarahan
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
7
8

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat analgetik
Obat analgetik
Pengertian
-Macam- macam obat analgetik
-Cara kerja/khasiat obat anti anagetik
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat analgetik
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
8
9

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti jamur
0bat anti jamur
-Pengertian
-Macam- macam obat anti jamur
-Cara kerja/khasiat obat anti jamur
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat anti jamur
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
ZJ
9
10

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat anemia
Obat anemia
-Pengertian
-Macam- macam obat anemia
-Cara kerja/khasiat obat anemia
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat anemia
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
ZJ
10
11

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat anastesi
Obat anastesi
-Pengertian
-Macam- macam obat anastesi
-Cara kerja/khasiat obat anastesi
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya

Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AR
11
12

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat anti biotika
Obat anti biotika
-Pengertian
-Macam- macam obat anti biotika
-Cara kerja/khasiat obat anti biotika
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat anti perdarahan
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
12
13

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui obat diuretika
Obat diuretika
-Pengertian
-Macam- macam obat diuretika
-Cara kerja/khasiat obat diuretika
- Indikasi / konta indikasi
-Dosis yang di gunakan
-Efek samping dan cara mengatasinya
Obat diuretika
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
13
14

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi khasiat obat
Faktor- faktor yang mempengaruhi khasiat obat
-pengaruh umum
-Pengaruh faktor genetik
-Reaksi idiosinkrosi
Faktor – faktor yang mempengaruhi khasiat obat
Ceramah
-Diskusi
-Kuis
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
ZJ
14
15

-Mahasiswa mampu menghitung obat
-Mampu mengolah obat
-Mampu memberikan obat
Pengolahan obat
-Cara pemberian obat
-Cara penyimpanan obat
-Prosedur pemberian obat
-Pencatatan dan pelaporan
-Macam-macam obat yg lazim digunakan
Pengolahan obat
-Ceramah
-Diskusi kelompok
-praktikum
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
15
16

-Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengetahui serta membuat resep
-Mampu menggunakan obat yang berlebel dan tidak berlebel
Resep
-pengertian resep
-unsur resep
-Penggunaan obat berlebel dan tidak berlebel
Resep
Ceramah
-Diskusi kelompok
-praktikum
-Menyimak materi yang di sampaikan
-Mereview proses pembelajaran secara aktif
1.penyelesaian kerja kelompok
2.kelulusan dalam sistem pembelajaran
3.kelulusan kuis
AS
16

KETERANGAN :    ASNA TARIGAN : 9X
ANRIYANI RAMBE : 4X
ZENDRI JULISTIA : 3X









Komentar